Selasa, 03 Januari 2017

Politik Luar Negeri Bebas Aktif


Setiap entitas negara yang berdaulat pastilah memiliki kebijakan yang mengatur hubungannya dengan dunia internasional. Kebijakan tersebut sering disebut sebagai politik luar negeri. Kebijakan tersebut merupakan pencerminan dari kepentingan nasional tiap-tiap negara dan merupakan aspek yang penting dalam hubungan pelaksanaan kepentingan luar negeri. Begitupun dengan Indonesia, yang juga memiliki kebijakan politik luar negeri yang dikenal dengan nama Politik Luar Negeri Bebas Aktif.

Politik luar negeri bebas aktif dicetuskan oleh Muhammad Hatta dalam pidatonya yang kemudian diberi judul “Mendayung Diantara Dua Karang” dihadapan Badan Pekerja Komite Nasional Pusat di Yogyakarta pada 2 September 1948. Ide dasar politik luar negeri bebas aktif yang dikemukakan oleh Hatta dilandasi pemikiran rasional dan bahkan kesadaran penuh akan prinsip-prinsip realisme dalam menghadapi dinamika politik internasional dalam konteks dan ruang waktu yang spesifik.

Maksud dari Politik Bebas Aktif menurut Hatta adalah Bebas, artinya menentukan jalan sendiri, tidak terpengaruh oleh pihak manapun juga; Aktif, artinya aktif mengusahakan menuju perdamaian dunia dan bersahabat dengan seluruh bangsa.


Makna yang tertanam dalam politik luar negeri bebas aktif ialah politik luar negeri bebas aktif tidak bisa dilepaskan dari nila-nilai pancasila yang tertanam di dalamnya, yang kedua bahwa politik luar negeri bebas aktif harus bertujuan sebagai penyelamat dan penuntun bangsa Indonesia dalam mencapai kepentingan nasionalnya, yang ketiga bahwa dalam pencapaian guna mendapat apa yang menjadi kepentingan nasional bangsa Indonesia diperlukan kebijakan-kebijakan yang bersifat independen, dan yang terakhir bahwa kebijakan politik luar negeri Indonesia harus dibangun secara praktis melalui pencarian solusi yang sesuai dengan kepentingan Indonesia dan melihat pada situasi juga fakta yang ada.



Sumber Tulisan:
http://allanakbar.blogspot.co.id/2010/03/politik-luar-negeri-bebas-aktif.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar